PT 27 LDK-UKDM UPI

Kamis, 24 November 2011

Contoh LPJ Mubes UKDM

LEMBAGA DAKWAH KAMPUS
UNIT KEGIATAN DAKWAH MAHASISWA
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
The Center of Muslim Student Activities
Jl. Dr. Setiabudi No. 229 Bandung 40154

1. MUQADIMAH
Segala puji hanyalah milik Allah SWT Rabb semesta alam. Dialah Zat yang jiwa-jiwa kita berada pada genggaman-Nya. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada imam para mujahid, Muhammad SAW. Insan mulia, guru dari segala bangsa yang beradab.
Dinamika dakwah kampus selalu menarik untuk diperhatikan. Dunia kampus yang merupakan dunia yang sarat akan nilai-nilai intelektualitas merupakan tempat yang strategis untuk memulai langkah menuju peradaban masyarakat madani.
Unit Kegiatan Dakwah Mahasiswa, selaku lembaga dakwah kampus di Universitas Pendidikan Indonesia faham betul akan keberadaan kampus yang memiliki peranan strategis dalam terciptanya masyarakat madani. Oleh karenanya, UKDM senantiasa bekerja melakukan pergerakan demi terwujudnya kampus UPI menjadi salah satu Universitas pencetak lulusan-lulusan yang menjadi actor penggerak dalam pembangunan peradaban islam dalam kehidupan bermasyarakat.
Atas izin Allah SWT pada tahun ini UKDM kembali mengadakan sidang umum anggota yang ke-19. Sidang ini bertujan untuk merapihkan barisan dan menyusun langkah pergerakan dakwah di Universitas Pendidikan Indonesia.

     
2. LANDASAN KEGIATAN
1.       QS Ali Imran 103 :
“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.”

2.         Keputusan bersama Ketua Dewan Pertimbangan Organisasi dan Ketua Umum LDK UKDM UPI No. 001/KP-i/UKDM UPI/IV/2011
3.         Peraturan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia
Nomor 8052/H40/HK/2010
                             Tentang           
                      Organisasi Kemahasiswaan
       Dilingkungan Universitas Pendidikan Indonesia

       Mengingat :
1.       Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2003, tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);
2.       Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 6 tahun 2004 tentang penetapan Universitas Pendidikan Indonesia sebagai Badan Hukum Milik Negara ( Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2004 Nomor 13);
3.       Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2010 Nomor 23; Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5105) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2010 Nomor 112; Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5157);



3. NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama SIDANG UMUM ANGGOTA XIX LDK UKDM UPI

4. TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini memiliki tema OPTIMALISASI FUNGSI LDK YANG PROPORSIONAL DAN PROFESIONAL

         5. TUJUAN KEGIATAN
Kegiatan ini bertujuan untuk:
1.       Melakukan optimalisasi pergerakan LDK UKDM UPI,
2.       Mengkaji AD/ART LDK UKDM UPI,
3.       Regenerasi kepengurusan LDK UKDM UPI,
4.       Memunculkan suasana dakwah kampus yang kritis dan dinamis.

6. SASARAN KEGIATAN
       Kegiatan ini ditujukan untuk kader dan simpatisan LDK UKDM UPI.


7.      7. BENTUK KEGIATAN
      Kegiatan ini berupa: Sidang Anggota

  
8. TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:
                hari/tanggal      : 26, 27 Februari dan 5, 6 Maret 2011
                waktu                   : 07.00 s.d. selesai
                tempat                 : Gedung ILKOM


9. EVALUASI DAN REKOMENDASI
a. Seksi Acara

Evaluasi divisi acara:Ketidaksesuaian antara agenda acara yang dibuat dengan pelaksanaannya dalam sidang, dan ketidaktepatan waktu selesainya SU dikarenakan pembahasan yang terlalu melebar dan kurang tegasnya staff acara dalam mengondisikan alokasi waktu
Tidak berkoordinasi dengan edhock mengenai draft acara, sehingga draft’y tidak sesuai
Pada b.eberapa hari pelaksanaan, sidang mengalami keterlambatanan memulai sidang, dikarenakan persiapan yang kurang matang dari panitia dan peserta yang belum juga hadir.  Sehingga berdampak pada keterlambatan acara selanjutnya, kekurangan SDM untuk penugasan notulen pada sebagian hari siding, kekurangan SDM untuk kelancaran acara pada sebagian hari sidang, kurang nya koordinasi antara koordinator dengan anggota divisi acara
rekomendasi:Acara diusahakan untuk dimulai tepat waktu, dengan persiapan yang sudah matang , memperbanyak sumber daya manusia demi kelancaran acara, pemaksimalan dalam pengondisian waktu dan timer acara.
insyaAllah kami telah berusaha sesuai yang kami mampu untuk menjalankan tugas dan amanah dari divisi ini. Walaupun mungkin hasil yang dicapai belum maksimal dan masih sangat banyak kekurangan..
afwan jiddan dari kami...
syukran katsiran atas kerjasama kalian semua selama acara SU ini.. mudah-mudahan kerja keras dan apa yang telah kita lakukan kemarin mendapatkan Ridha Allah dan bernilai pahala di sisi-Nya.

b.      Seksi Kestari

Sumber daya manusia merupakan hal yang menjadi masalah utama bagi seksi kestari. Hal ini mengakibatkan seksi kestari tidak berjalan dengan optimal. Presensi kurang terkontrol, sehingga beberapa segmen kegiatan tidak terdata setiap peserta yang hadir. Selain itu ada beberapa draft sidang yang berserakan sehingga mengalami kesulitan untuk mengumpulkan dan melaporkan beberapa perubahan yang terjadi selama sidang berlangsung. Rekomendasi untuk ke depan adalah adanya jobdes yang jelas dan terperinci terutama untuk seksi kestari, kordinasi dan komunikasi yang efektif dengan tim Add Hoc, dan adanya tanda pengenal panitia yang dipakai ketika kegiatan berlangsung.


c.     Seksi PDD

Segala puji dan syukur kami ucapakan kepada Allah SWT yang berkatnyalah kami semua dapat menyelesaikan amanah ini. job desk PDD sendiri mulai dari sebelum kegiatan cukup banyak. kami yang beranggotakan Muhammad Dedi Firdaus sebagai koordinator PDD, kemudian amri, Halimudin, Indra Kurniawan, arthi, dan uci sebagai staf dari PDD. Alhamdulillah semua job desk dari PDD sebelum kegiatan semua selesai. mulai dari pembuatan famplet, name tag, palkat buat pemateri, kemudian spanduk. dalam PDD ini sendiri banyak yang harus di perbaiki mulai bagaimana cara bekoordinasi dengan staf, kendala yang paling banyak terjadi di PDD sendiri itu adalah koordinasi dengan staf yang lain, jujur dari PDD sendiri banyak berkontribusi didalamnya bisa di hitung, tapi memang semua itu bukan sebuah kendala bagi sebuah divisi bekontribusu atau tidak berkontribusinya mereka dalm kegitan ini tidak memmpengaruhi hasil sebuah kegiatan , tapi yang saya harapkan adalah sebuah kerja sama ukhwah bisa dibilang sangat disayangkan sekali. mungkin untuk kedepan nya kopordinasi koordinator dengan staf lebih ditingkatkan lagi. pada saat kegiatan SUA pertama ada pembagian job desk kembali buat PDD yaitu, merekam kegiatan SUA.

 Disinilah kinerja PDD sendiri kacau, pertama kendalanya yaitu, SDM yang tidak ada ditambah lagi saya sebagi koordinator PDD di amanahi sebagai Presidium 1 semua diluar rencana , saya mengahrapkan para staf saya bisa hadir, tapi banyak kendala yang menurut saya yang sangat penting. yang membuat saya sangat sedih ketika melihat hasil rekaman SUA mungkin dari segi Video sudah mencukupi, tapi disegi foto itu sangat tidak berguna kebanyakan itu foto para panitia, tapi saya juga sangat bahagia dan besyukur karena masih yang mau membantu PDD dalam merekam atau mendokumentasikan kegiatan SUA Tersebut. ya diatambah lagio saya juga di sepenuhnya harus di SUA tersebut karena ada amanah yang sangat penting yang tidak bisa ditinggalkan.



d.   Seksi Humas

Banyak sekali hambatan d humas, diantaranya tidak adanya rapat divisi sehingga jobdesk nya kurang maksimal, hal ini disebabkan karena coordinator humas sangat sibuk sekali, lalu kurangnya personal ikhwan sehingga meminta bantuan dari divisi lain seperti pengajuan proposal ke direktorat, juga adanya gangguan alat komunikasi dari staf-staf divisi humas sehingga jarkoman tidak maksimal. Lalu kurangnya koordinasi antara ikhwan dan akkwat yang berada di humas maupun divisi lain yang menyebabkan miss communication ,kurangnya pengkondisian peserta pada saat Isoma maupun selesai Isoma

Evaluasi untuk divisi acara, seharusnya anggota divisi humas melaksanakan rapat divisi Menanamkan pada diri sendiri akan amanah yang sudah di emban Menjalin koordinasi antara semua divisi dan staf humas dalam menyukseskan acara Perjelas pembagian ranah kerja antara ikhwan dan akhwat .Tingkatkan kinerja dalam melaksanakan amanah.Perjelas antara tugas divisi humas dan divisi PDD


e.    Seksi Logistik

Hambatan di divisi logistik,Kurangnya koordinasi dan komunikasi antar anggota divisi.
Penggunaan tempat sidang yang melebihi ketentuan yang telah disepakati, sehingga diberikan teguran oleh pengurus tempat sidang tersebut. Ketidakjelasan jobdesc anggota. Terdapat beberapa anggota yang kurang berkontribusi dengan baik dalam melaksanakan amanahnya. Pembagian tempat duduk antara peserta ikhwan dan akhwat yang kurang terkondisikan pada hari pertama dan kedua pelaksanaan sidang, sehingga menyita beberpa waktu untuk memperbaiki konsep tempat duduk peserta sidang.
Kurangnya alat penunjang sidang, seperti terminal listrik.

Saran, perbaiki koordinasi dan komunikasi antar anggota divisi logistik dalam pembagian amanah.Perjelas pembagian amanah antara anggota ikhwan dan akhwat dalam divisi.
Sosialisasikan dengan baik waktu penggunaan tempat pada seluruh peserta sidang.
Konsep dengan baik posisi tempat duduk peserta (ikhwan dan akhwat), dan notulen sidang agar terkondisikan.


          Daftar Barang Inventaris
No
Barang
Kepemilikan
Jumlah 
Kondisi setelah digunakan
Lokasi
1
Alat tulis
UKDM
5
Baik
Sekre UKDM
2
Alas palu
Pribadi
1
Baik
Pribadi
3
Alat masak
Pribadi
23
Baik
Pribadi
4
Cooling pad
Pribadi
1
Baik
Pribadi
5
Camera digital
Pribadi
2
Baik
Pribadi
6
Dispenser
Pribadi
1
Baik
Pribadi
7
Gelas plastik
UKDM
250
Tidak layak dipakai kembali
-
8
Galon air minum
Pribadi dan UKDM
2
Baik
Sekre UKDM dan pribadi
9
Handycam
Pribadi
1
Baik
Pribadi
10
Infocus
Pribadi
1
Baik
Pribadi
11
Jam dinding
Pribadi
2 (warna hitam dan warna biru)
Rusak (jam dinding warna hitam), baik (jam dinding warna biru)
Pribadi
12
Jam beker
Pribadi
1
Baik
Pribadi
13
Kotak infak
UKDM
1
Baik
Sekre UKDM
14
Layar
Pribadi
1
Baik
Pribadi
15
Laptop
Pribadi
2
Baik
Pribadi
16
Nampan
UKDM
3
Baik
Sekre UKDM
17
Palu
Jurusan Matematika dan Jurusan PKK
2
Baik
Jurusan Matematika dan Jurusan PKK
18
Papan nama
UKDM
8
Baik
Sekre UKDM
19
Printer
UKDM
1
Baik
Sekre UKDM
20
Pisau
Pribadi
4
Baik 
Pribadi
21
Rafia
UKDM
3
Baik
Sekre UKDM
22
Spanduk
UKDM
1
Baik
Sekre UKDM
23
Sendok
Pribadi
4
Baik
Pribadi
24
Sound system
UKDM
1
Baik
Sekre UKDM
25
Taplak meja
Pribadi
1
Baik
Pribadi
26
Terminal listrik
Pribadi
4
Baik
Pribadi
27
Vas bunga
Pribadi
1
Baik
Pribadi

f.     Seksi Konsumsi

Divisi Konsumsi terdiri dari 5 orang ikhwan dan 11 orang akhwat, termasuk koordinator dan sekretaris divisi. Di awal kepanitiaan, staf ikhwan yang aktif hanya 3 orang, yang akhwat aktif semua dan ada beberapa yang tidak ada konfirmasi sejak awal. Divisi Konsumsi memiliki jadwal rapat yang tidak menentu, hal ini disebabkan karena kesibukan personil divisi konsumsi, sehingga cukup sulit untuk mencari jadwal yang cocok dari masing-masing personil. Walaupun demikian, hal ini tidak menjadi penghalang bagi kami untuk melaksanakan misi yang telah kami sepakati dan kami tetap berusaha menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya.

g.    Seksi Keamanan
Dalam kegiatan Sidang Umum Anggota LDK UKDM UPI XIX, divisi keamanan bertugas mengawasi serta ikut membantu segala hal yang berkaitan dengan berlangsungnya teknis acara siding. Evaluasi, banyak peserta dan panitia yang keluar masuk tempat sidang tanpa izin banyak peserta dan panitia meninggalkan tempat acara atau pulang tanpa memberi informasi kepada pihak kemanan, ada beberapa peserta yang tidak mengisi presensi
Rekomendasi divisi keamanan, anggota divisi keamanan yang aktif hanya terdiri dari tiga orang akhwat dan satu orang ikhwan. untuk anggota akhwat di rasa cukup, namun jumlah anggota ikhwan perlu ada peningkatan, mengingat peran ikhwan dalam teknis acara lebih banyak dibutuhkan.diadakannya breefing dan evaluasi khusus divisi keamanan di setiap harinya. diusahakan anggota divisi keamanan dapat memposisikan dirinya lebih awal.tidak menerima amanah dari divisi lain saat tengah melaksanakan tugas yang sudah diamanahkan sebelumnya lebih memperhatikan alur presensi agar tidak terjadinya kesalahan pengisian





10. SUSUNAN KEPANITIAAN
Pelindung                           : Rektor Universitas Pendidikan Indonesia
                                                  Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd
Penasehat                           : Direktur Direktorat Pembinaan kemahasiswaan UPI
                Dr. Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., M.Si  
Pembina                             : Pembina LDK UKDM UPI
  Dr. Edi Suresman, S.Pd., M.Ag.
Penanggung Jawab         : Ketua Umum LDK UKDM UPI
                                                  Jajang Nurjaman
Stering Commite            : Budi Bahtiar
                                                  Wulan Mayasari
Ketua Pelaksana             : Anandito Dwi Sepdiawan
Sekretaris I                        : Pratama Budi Wijayanto
Sekertaris II                       : Ria Irianti
                                  Dera                   
Bendahara                          : Luciana Desyanti
Seksi Acara                       
Koordinator                      : Asep Zakaria
Staf                                       : Hasan Al-Bana
                                                  M.Iqbal
                                                  Hadar
                                                  Vina Fauziah
                                                  Nur Azizah
                                                  Siti Ikrimah
                                                  Istiqomah       
                                                  Fina N               
Seksi PDD
Koordinator                  : Dedi
Staf                                  : Arthy
                                           Uci Utari
Seksi Humas                
Koordinator                  : Acep Mulya
Staf                                    : Dede Aziz
                                            Khairunnisa
Seksi Logistik                                
Koordinator                 : Erik Suwandana
Staf                                     Risman
                              Seni Sri
                             Iis C
                            Annisa

Seksi Danus
Koordinator                  :  Isnanda
Staf                                  : Sidiq Tripambudhi
                                            Herni
                                              Fitriani N
                                              Najmi
                                              Nurul                                                     

Seksi Konsumsi
Koordinator                 : Asep Cahya
Staf                                    :  Frila
                             Pita
Seksi Keamanan
Koordinator                 : Egi
Staf                                   : Enung Sayyidah M
                                            Imas Maesaroh

11.   DOKUMENTASI ACARA
                Terlampir
12.  LAPORAN KEUANGAN
Terlampir
13.  AGENDA ACARA TERLAKSANA
Terlampir

14.   PENUTUP
Pada akhirnya, kepada Allah sajalah segala urusan kami kembalikan. Alhamdulillah, karena petunjuk-Nya lah kami telah berhasil mengadakan kegiatan Sidang Umum Anggota XIX LDK UKDM UPI. Semoga kegiatan ini menjadi salah satu langkah untuk menyuburkan dakwah di kampus tercinta, Universitas Pendidikan Indonesia.
Demikian laporan kegiatan ini kami susun, semoga Allah SWT selalu menyertai langkah yang didasari niat tulus kami.






LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEGIATAN
SIDANG UMUM ANGGOTA XIX LDK UKDM UPI

Bandung, 06 Mei 2011



       -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------                          


 
                                                                                                               











Tidak ada komentar:

Posting Komentar